Wednesday, December 17, 2014

ROSEMARY (Rosmarinus officinalis) SEBAGAI AROMATERAPI

helloooo readers ada yang udah kenal dengan tanaman nan cantik ini???, yups tanaman ini adalah rosemary, dimana dia memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat digunakan sebgai aromaterapi, si cantik ini juga memiliki manfaat banya lo readers, ingin tau silakan dibaca :)


ROSEMARY (Rosmarinus officinalis) SEBAGAI AROMATERAPI

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan
Dosen Pengampu:
Drs. Eling Purwantoyo, M.Si.
Andin Irsadi, S.Pd, M.Si.

Disusun oleh:
Siti Rofiatus S
4411412043
Rombel 02
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014

ROSEMARY (Rosmarinus officinalis) SEBAGAI AROMATERAPI

Siti Rofiatus Sa’adah
Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang

ABSTRAK
Rosemary (Rosmarinus officinalis) termasuk dalam divisi Magnoliophyta merupakan tanaman yang berasal dari Negara Eropa yang memiliki aroma khas dan kaya akan minyak atsiri dan dipercaya sebagai aromaterapi yang mampu membantu fungsi dari kerja otak. Selain itu rosemary juga berguna untuk kesehatan, menurunkan agen penyebab kanker, kecantikan dan sebagai pengusir nyamuk ataupun tanaman hias. Rosemary memiliki banyak kandungan senyawa kimia diantaranya -pinene, 1,8-cineole, dan verbenone. Kandungan senyawa kimia yang dimiliki rosemary dapat dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu musim, letak geografis, keadaan tanah, factor genetika, bagian tanaman dan perlakuan saat memanen dan penyimpanan. Rosemary dapat dibudidayakan dengan cara stek atau dengan pencangkokan. Tanaman ini juga dapat tumbuh di dalam pot atau di tanah secara langsung karena rosemary merupakan jenis tanaman yang tahan terhadap hama penyakit.
Kata kunci: Rosemary, aroamterapi
PENDAHULUAN
Aromaterapi ialah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif  yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk memengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan alternatif dan kepercayaan kebatinan.
Aromaterapi sudah ada sejak 6000 tahun yang lalu. Kata "aromaterapi" digunakan oleh kimiawan Perancis Rene-Maurice Gattefosse pada tahun 1920-an, yang mencurahkan hidupnya untuk meneliti sifat penyembuhan minyak esensial setelah musibah laboratorium parfumnya .
Rosemary (Rosmarinus officinalis)  merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam tanaman aromatik, karena memiliki aroma yang khas. Rosemary  memiliki kandungan minyak atsiri yang biasa disebut quitta essetta (Phil, 2006). Selain digunakan  sebagai aromaterapi, rosemary yang merupakan tanaman hias juga dapat digunakan sebagai teh ataupun bahan makanan dan juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik.
           Tanaman Rosemary (Rosmarinus officinalis) termasuk dalam divisi Magnoliophyta, karena tanaman rosemary merupakan tanaman berbunga bukan monokotil maka di golongkan dalam kelas Magnoliopsida, yang tergabung dalam ordo Lamilaes dan termasuk family dari Lamilaceae.
Rosemary biasanya dikenal masyarakat sebagai tanaman hias. Tanaman yang berasal dari Eropa ini dapat hidup dengan baik dalam kondisi yang kering dan sejuk. Jika dilihat tanaman ini hampir menyerupai anak cemara, namun bila di teliti lebih cermat tanaman ini memiliki aroma khas seperti minyak kayu putih, dan memiliki bunga yang berwarna ungu.



PEMBAHASAN
Kondisi Kekinian
Rosemary berasal dari Eropa dan sudah menyebar keseluruh dunia karena khasiatnya yang sudah mendunia. Saat ini rosemary sangat mudah di jumpai di tempat penjualan bunga dan tanaman, karena rosemary merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanaman dan perawatannya.
Metode Pengambilan Minyak Atsiri Dalam Rosemary
Untuk mengambil minyak atsiri yang berada dalam rosemary dapat dilakukan dengan metose hidrodestilasi, berikut adalah teknik untuk mengambil minyak atsiri dari rosemary dengan metode hidrodestilasi:
  •  Preparasi dan destilasi sampel

Daun dari rosemary (Rosmarinus officinlis)disiapkan dalam keadaan segar “dibersihkan” dipotong-potong dan ditimbang sebanyak 100 g, kemudian di masukkan dalam labu destilasi dan diisi dengan air. Mantel pemanas dinyalakan dan destilasi dilakukan selama 7 jam yang dihitung setelah distilat pertama turun. Minyak atsiri yang diperoleh sebagai hasildistilasi dipindahkan kedalam labu Erlenmeyer. Natrium sulfat anhidrat ditambahkan ke dalam Erlenmeyer untuk menyerap aquades yang masih terdapat dalam minyak atsiri, kemudian di saring.
  • Identifikasi senyawa menggunakan Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa (KG-SM)

Minyak atsiri yang diperoleh diidentifikasi komponen-komponennya menggunakan Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa (KG-SM). Temepratur kolom diatur pada suhu 40  selama 1 menit dan meningka 4 /menit hingga suhu 260 . Pada saat suhu 260  dipeprtahankan selama 4 menit. Temperature injector dan sumber ion diatur pada suhu 250  sampai 260 . Penentuan struktur senyawa dilakukan dengan menggunakan standart yang sudah diketahui dengan mencocokkan fragmentasi senyawa pada database library.

Kandungan yang terdapat dalam Tanaman Rosemary (Rosmarinus officinalis)
              Family Lamilaceae atau disebut Labiataae merupakan salah satu family tumbuhan yang kaya akan minyak atsiri. Rosemary (Rosmarinus officinalis)
merupakan spesies dari family Lamilaceae dan dari genus Rosmarinus. Minyak atsiri dari Rosmarinus officinalis yang tumbuh di provinsi Sichuan, Cina telah dilaporkan mengandung 1,8-cineole,
-pinene, dan -pinene (Wang dkk, 2008). Penelitian yang dilakukan Gachkar dkk (2007), melaporkan kandungan utama dari rosemary adalah piperitone, linalool, dan -pinena. Sedangkan hasil penelitian dari Graber dkk (2010), menyebutkan kandungan utama dari minyak atsiri rosemary adalah -mirsen, kampor, -pinene, dan 1,8-cineole.
              Penelitian yang dilakukan oleh Ari Wibowo (2012), menyatakan dalam ekstrak daun rosemary mengandung komponen senyawa mayornya antara lain -pinene, 1,8-cineole, dan verbenone. Senyawa -pinene dan verbenone sebagai senyawa mayor pada rosemary juga ditemukan di Algeria (Bousbia, 2009). Sedangakan di pulau Sardinia, senyawa utama minyak atsiri rosemary adalah -pinene, borneol, champene, camphor, verbenone, dan bornyl acetate (Gackar, 2007). Senyawa mayor yang terkandung dalam rosemary dapat berbeda, yang di pengaruhi oleh beberapa factor yaitu musim, letak geografis, keadaan tanah, factor genetika, bagian tanaman, perlakuan dalam memanen dan penyimpanan (Husein, 2009).
Manfaaat tanaman Rosemary (Rosmarinus officinalis)
              Karena memiliki aroma yang khas Rosemary dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi, ada tiga jenis rosemary yang dapat digunakan yaitu Rosmarinus officinalis ct Champor, Rosmarinus officinalis ct Cineole, dan  Rosmarinus officinalis ct Verbenone.
Rosmarinus officinalis ct Champor
              Rosmarinus officinalis ct Champor mengandung 30% champor yang memiliki khasiat sebagai deuretik dekongestan untuk melonggarkan otot yang tegang dan menstimulus sirkulasi peredaran darah.
Rosmarinus officinalis ct Cineole
              Rosmarinus officinalis ct Cineole mengandung 40-55% Cineole yang berkhasiat sebagai anti kataral. Kataral adalah selaput lender yang meradang dengan mengeluarkan getah radang serta berpengaruh pada peradangan saluran pernapasan, ekspektoran dan pengusir bakteri seperti Staphylococcus aereus dan Staphylococcus alba.
Rosmarinus officinalis ct Verbenone
              Rosmarinus officinalis ct Verbenone mengandung 15-40% Verbenone yang berkhasiat sebagai anti kataral, mukolitik, ekspektoran, dan antipasmodik. Ekspektoran adalah suatu zat yang bisa membantu meningkatkan terbentuknya dahak dalam saluran pernapasan serta mempermudah untuk pengeluarannya. Sedangkan mukolitik merupakan suatu zat yang membantu mencairkan dahak sehingga jika dahak sudah berhasil diencerkan maka akan lebih mudah untuk mengeluarkannya, maka pernapasan akan normal kembali.
              Selain dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi Rosemary juga memiliki manfaat lain diantaranya:
1.      Untuk kesehatan
        Rosemary bisa menjadi rangsangan bagi otak dan ingatan yang sempurna karena bisa memberikan otak suplai darah yang kaya akan oksigen sehingga meningkatkan fungsi otak. Rosemary juga merupakan rangsangan yang sempuna bagi system sirkulasi yang tidak hanya meningkatkan fungsi otak namun juga bisa dimanfaatkan untuk merawat gangguan yang yang dicirikan dengan melemahnya system sirkulasi secara kronis, misalnya tekanan darah rendah dan tinggi, memar, pembengkakan pembuluh darah hingga cedera otot.
        Rosemary juga bisa membantu menjaga saluran pencernaan serta menenangkan perut dengan cara meregangkan otot-otot halus di daerah pencernaan, mengurangi kejang dank ram di dalam usus serta menghilangkan rasa kaku atau begah.
        Rosemary juga dikenal efektif untuk membantu pencernaan lemak. Rosemary bisa meregangkan otot, saraf, mengurangi ketegangan, kecemasan serta rasa sakit pada seluruh tubuh. Oleh karena itu rosemary juga berguna bagi seseorang yang sedang menjalani perawatan sakit kepala, migrain, depresi, kelelahan, kecemasan serta apati. rosemary juga sangat efektif  dalam menghilangkan sakit rematik, nyeri otot dan gangguan pada persendian.
        Rosemary juga mengandung antioksidan yang kuat dan berkualitas yang berguna untuk mengatasi radikal bebas serta menunjukkan aktivitas anti-tumor dan anti-kanker. Sebagai antiseptic rosemary akan mengontrol banyak organisme patogen dan membersihkan darah. 
2.      Menurunkan agen penyebab kanker
        Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa penambahan ekstrak rosemary pada daging mengurangi agen penyebab kanker yang timbul selama pemasakan.
        Heterocyclic amines (HCAs) adalah senyawa mutagenik yang terbentuk apabila daging dan ikan di masak pada suhu tinggi, khususnya pada daging yang dibakar, dipanggang, digoreng. The National Toxicology Program milik US Departement of Health and Human Services mengategorikan HCAs sebagai bahan karsinogen yang dapat meningkatkan risiko kanker tertentu.
        Kanithaporn Puangsombat dan J. Scott Smith, peneliti Kansas State University meneliti bagaimana mengurangi kadar HCAs pada daging yang dimasak pada suhu tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan lima ekstrak rosemary pada berbagai konsentrasi air dan etanol dan kemampuannya untuk menghambat pembentukan HCAs pada burger daging.
        Ekstrak rosemary diisolasi dengan konsentrasi etanol daro 10-40%. Ektrak kemudian ditambahkan langsung kedalam burger, dan dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi dan pada suhu 375 F selama 6 menit untuk setiap sisi. Peneliti menemukan bahwa pada semua tingkat konsentrasi akan mengurangi kandungan HCAs pada semua suhu. Saat burger dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi, rosemary yang diekstrak pada konsentrasi etanol rendah adalah yang paling efektif untuk pembentukan HCAs. Rosemary yang diekstrak pada konsentrasi etanol rendah mengansung campuran rosmarinic acid, carnosol, dan carnosic acid. Senyawa ini akan bekerja sama dalam menghambat pembentukan HCAs.

3.      Untuk kecantikan
        Dalam bidang kecantikan rosemary bisa dijadikan penguat rambut yang dikombinasikan dengan shampoo.
4.      Manfaat lain Rosemary
        Manfaat yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini bisa mengeluarkan aroma khas yang bisa membuat nyamuk tidak betah jika berada di dekat tanaman ini. Cara mengusir nyamuk dengan rosemary bisa dengan membakar daun ataupun batang dari rosemary hingga mengeluarkan uap, uap akan masuk ke traches nyamuk yang akan mengakibatkan nyamuk pusing lalu mati. Rosemary juga menjadi musuh alami bagi serangga, lalat wortel, ulat, dan kumbang kacang.

      Budidaya tanaman rosemary
              Budidaya rosemary bisa dilakukan dengan cara stek batang, dan pencangkokan. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam pot atau dapat tumbuh di tanah secara langsung karena tanaman ini tahan terhadap hama penyakit. Syarat tumbuh tanaman ini adalah cukup air dan sinar matahari.
              Cara penanaman rosemary juga sangat mudah, cukup menyediakan pot sedang yang terbuat dari plastik atau tanah liat, kemudian diisi dengan tanah gembur, diusahakan menggunakan pot plastik atau tanah liat yang berlubang, memberikan tapak sebagai penampung air di bawahnya agar air atau tanah tidak berceceran, jangan terlalu sering menyiram tanaman rosemary karena rosemary tidak membutuhkan air yang banyak.




Gambar Rosemary
DAFTAR PUSTAKA
Al-jamal, Abdul., Alqadi, Taha. 2011. Effect of Rosemary (Roamarinus officinalis) on Lipid Profileof Diabetes Rats. Jordan Journal of Biological Sciences. Vol. 4(4): 199-204.
Apriyantono, Anton., dkk. 2004. Analisis Komponen Aktif Atsiri dari Minyak Atsiri Beberapa Tumbuhan Aromatik yang Menghambat Aktifitas Lokomotor Mencit. Journal of Teknologi dan Sains Farmasi, UNAND PADANG. Vol.            10(1): 47-54.
Hongratanaworakit, Tapanee. 2009. Simultaneous Aromatherapy Massage with Rosemary Oil on Humans. Scientia Pharmaceutica.
Kardinan, Agus. 2007. Daya Tolak Ekstrak Tanaman Rosemary (Rosmarinus officinalis) terhadap Lalat. Bul. Litro. Vol. XVIII No. 2.

Langley, Tessa. 2008. Aromatherapy for Pain and Psychological Problem. Vienna: Ludwig Boltzmann Institut Health Tecnology Assesment.
Marwati, Siti. 2011. Pengenalan dan Pelatihan Budidaya Tumbuhan Anti Nyamuk di Kelompok PKK Kricak Kidul Tegalrejo Yogyakarta. Makalah disampaikan pada Acara Pertemuan Kelompok PKK Kricak kidul, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, 8 Oktober 2011.
Samman, Samir. 2001. Green Tea or Rosemary Extract Added to Foods Reduces Nonheme-iron Absorption. The American Journal of Clinical Nutrition.
Shinta. 2010. Potensi Minyak Atsiri Daun Nilam (Pogostemon cablin B), Daun Bababotan (Ageratum conyzoides L), Bunga Kenanga (Cananga odorata       Hook F & Thoms) dan Daun Rosemary (Rosmarinus officinalis L)sebagai Repelan terhadap Nyamuk Aedes aegyti L. Disajikan dalam Simposium         Nasional Litbangkes Ke-6, JCC, Jakarta, 20-21 Desember 2010.
Wibowo, Ardianto. 2012. Minyak Atsiri dari Daun Rosemary (Rosmarinus officinalis) sebagai Insektisida Alami Melalui Metode Hidrodestilasi. Jurnal Sains dan Seni. Vol. 1, No. 1: 1-4.
http://www.necturajuice.com/kandungan-dan-manfaat-rosemary/ diakses pada hari senin tanggal 3 maret 2014 pukul 23.14 WIB.
http://www.sith.itb.ac.id/herbarium/index.php?c=herbs&view=detail&spid=206400 diakses pada hari rabu tanggal 5 maret 2014 pukul 22.30 WIB.

1 comment:

  1. Top Casino Slot Machines Near Me - MapyRO
    Find the best slot 서산 출장안마 machines in Las Vegas, 원주 출장샵 NV. The casino features slots 제주도 출장마사지 that include: Wheel 전주 출장안마 of Fortune, Wild 서울특별 출장샵 West Gold, Pyramid of Athena, and the

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com